Sekolah Pembangunan Nasional Purwodadi ini dulunya bernama Sekolah Teknologi Menengah PEMDA (STM PEMDA). Yang berdiri Pada tahun 1977 seorang Letnan Kolonen Infanteri Soegiri, yang pada saat itu menjabat sebagai  Bupati Kabupaten Grobogan memprakarsai berdirinya STM yang kemudian ditindak lanjuti dengan pembentukan  penitia pendiri yang diketuai oleh Ir. Djasmani. Pasca pembentukan panitia pendiri perjuangan dilanjutkan dengan mengajukan izin pendirian lembaga pendidikan (sekolah) ke Department Pendidikan dan Kebudayaan Propinsi Jawa Tengah. Tepat pada tanggal 2 Februari 1984, berbekal izin dari Department Pendidikan dan Kebudayaan, Bupati Kepala Daerah Tingkat II Grobogan mengeluarkan Surat Keputusan tentang pengesahan pendirian STM  PEMDA, pada saat itu pula panita pendiri secara resmi dibubarkan.

Ir. Djasmani ditunjuk lagi oleh Bupati  sebagai ketua pengurus YAYASAN STM PEMDA. Pada tanggal 24 November 1984 sesuai dengan ketentuan akte notaris nama YAYASAN STM PEMDA berganti menjadi YAYASAN PEMBANGUNAN NASIONAL Pada tanggal itu pula (24 November) ditetapkan sebagai hari jadi SMK Pembangunan Nasio anl (SMK PEMBNAS) Purwodadi.

Visi

Terwujudnya sumber daya manusia yang beriman, berakhlak mulia, berilmu, cakap dan terampil.

Misi

  1. Mengamalkan Nilai-nilai keagamaan dalam kehidupan sehari-hari.
  2. Membentuk karakter dan kepribadian berperilaku disiplin jujur dan santun.
  3. Mendidik dan melatih peserta didik sesuai kebutuhan dunia kerja.
  4. Mewujudkan sekolah sebagai wadah daya kreasi inovasi pengembangan teknologi ramah lingkungan.
  5. Memberikan pelayanan prima kepada pelanggan.

 

Tujuan

  • Meningkatkan kecerdasan, pengetahuan, kepribadian, akhlak mulia, serta ketrampilan untuk hidup mandiri dan mengikuti pendidikan lebih lanjut sesuai dengan kejuruannya.
  • Mendidik siswa untuk memasuki dunia kerja di bidang teknologi, mampu mengembangkan sikap professional, mandiri, disiplin, dan kompetitif yang dinamis.
  • Menyiapkan tenaga kerja terdidik dan terlatih (tingkat menengah) untuk mengisi kebutuhan tenaga kerja di bidang teknologi.
  • Menyiapkan tamatan agar menjadi warga negara normtif, adaptif, produktif, mampu berwirausaha.